1 April 2012 merupakan hari bersejarah bagi salah satu Vocal Group yang ada di GKI Gading Serpong.

Hari itu, resmi terbentuk sebuah vocal group baru sebagai bagian yang kini tak terpisahkan dalam tubuh GKI Gading Serpong. Nama Makarios yang berarti diberkati atau kebahagian (sukacita), diusulkan oleh Bapak Ev. Gunawan yang merupakan salah satu anggota dari VG Makarios. Mungkin sebagian jemaat GKI Gading Serpong yang terbiasa hadir dalam kebaktian umum I atau II kurang familiar dengan vocal group ini, karena VG Makarios selama ini melayani sebagai prokantor di kebaktian umum III tiap minggu ke 2 dan 4 setiap bulannya. Awal mulanya, sebelum VG Makarios terbentuk, para anggotanya merupakan Song Leader (prokantor) yang setiap minggunya melayani di kebaktian umum III.

Song Leader ini terdiri dari orang-orang yang rindu melayani Tuhan tetapi tidak dapat berkomitmen untuk melakukan latihan secara rutin, melainkan hanya dapat melakukan latihan untuk persiapan kebaktian umum III saja, yakni di hari Minggu siang. Anggotanya pun berganti-ganti, senada dengan kesulitan komitmen dari para anggotanya yang disebabkan oleh berbagai hal. Melihat adanya kebutuhan akan suatu wadah yang lebih solid bagi para anggota Song Leader dan mengingat akan adanya ladang pelayanan yang semakin meluas, maka pada Natal 25 Desember 2011 setelah selesai pelayanan pujian, Song Leader diubah namanya menjadi VG Makarios. Seiring dengan berjalannya waktu, VG Makarios mempunyai kerinduan untuk mempunyai anggota tetap dengan mencari orang-orang yang ingin bergabung dalam pelayanan pujian. Pada tanggal 1 April 2012, yang merupakan hari berdirinya VG Makarios, pengurus mengadakan kebersamaan untuk para anggota Song Leader, baik yang sudah lama tidak aktif maupun bagi mereka yang masih aktif. Kebersamaan yang diadakan di Warung Sunda ini selain untuk meningkatkan fellowship, juga bertujuan untuk kembali mengundang setiap anggota Song Leader untuk bergabung dengan wadah pelayanan yang baru, yakni VG Makarios. Visi yang diusung oleh VG Makarios adalah “Menjadi vocal group yang berkualitas”.

Berkualitas disini bukan hanya mengenai merdunya suara pujian yang dilantunkan, melainkan dapat membawa jemaat menikmati hadirat Tuhan dalam Kebaktian Minggu. “Saya mempunyai kerinduan dan saya selalu mengatakan kepada setiap anggota, sebelum kita bernyanyi, pribadi kita sendiri harus beres (hati dan pikiran). Hal ini sangat berpengaruh, karena kita bernyanyi bukan hanya sekedar bernyanyi, melainkan juga merasakan hadirat Tuhan” ujar Juliani Lim (Mey), Koordinator VG Makarios.

“Kita bernyanyi bagi orang lain (dan bagi Tuhan) dan ketika orang lain menjadi terberkati itu adalah hal yang luar biasa. Ketika orang datang ke gereja dengan suatu masalah, melalui lantunan lagu yang kita nyanyikan mungkin dapat memberikan penguatan dan merasakan penghiburan dari Roh Kudus”, lanjutnya. Pada awal terbentuknya, VG Makarios beranggota sekitar 20 orang, namun saat ini anggota yang masih aktif hanya berkisar 10-15 orang; dengan jumlah pria yang sedikit, yakni 3-4 orang. Kesulitan yang dialami oleh VG Makarios adalah mengenai komitmen dalam latihan, yang disebabkan tan untuk setiap jemaat yang ingin tergabung dalam pelayanan di bidang seni suara. Tidak ada kriteria atau syarat khusus yang dibebankan kepada yang ingin bergabung. VG Makarios juga membuka kesempatan untuk mereka yang dapat bermain musik untuk melayani sebagai pengiring pujian VG Makarios. Bersama VG Makarios, mari kita melayani Tuhan dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemuliaan namaNya. g oleh berbagai hal, mulai dari perihal pekerjaan, dinas keluar kota, adanya anggota yang masih mempunyai anak kecil, dan lain-lain. Namun, dengan segenap kesulitan yang dihadapi, atas pertolongan dan pemeliharaan Tuhan, VG Makarios masih tetap berdiri dan berjalan hingga saat ini. VG Makarios mempunyai jadwal latihan tetap setiap hari Kamis pukul 19.00-21.00 WIB di Aula Lt.6 SMAK BPK Penabur Gading Serpong.

Sejak Juni 2014, VG Makarios sudah memiliki pelatih, yakni Sdr. Christian, sehingga visi untuk meningkatkan kualitas dapat lebih terakomodir. Dan sejak Agustus 2014, VG Makarios telah dipercaya untuk menjadi prokantor untuk kebaktian umum I & II. “Dalam 1 tahun ke depan, kami berharap untuk dapat berkembang, tidak hanya dari segi kualitas, namun juga kuantitas. Kami rindu para jemaat dapat ikut terlibat melayani bersama dengan kami, terutama kaum pria karena jumlahnya sedikit sekali”, kata Juliani sambil sedikit bergurau. “Biarpun kecil, kami ingin menjadi cahaya yang dapat menerangi sekitar kami”, tutur Juliani.